Minggu ini menjadi minggu yang menantang bagi para siswa-siswi yang sedang
menghadapi Ujian Nasional (UN). Lembaga bimbingan belajar atau bimbel juga
dibuat deg-degan menyaksikan anak-anak didiknya yang sedang
berjuang, tak terkecuali bagi bimbel Ganesha Operation. Namun, penobatan
menjadi salah satu pemenang Top Brand Kids & Teens menjadi sebuah hiburan
tersendiri bagi Ganesha Operation di tengah-tengah ketegangan.
Ganesha Operation tahun ini menjadi salah satu pemenang Top Brand Kids
& Teens yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing dan Frontier Consulting
Group untuk kategori Bimbel. Dalam rangka mempertahankan brand
awareness-nya, Ganesha Operation selalu berupaya untuk menjalin kedekatan
dengan siswa dan orang tua.
Direktur Utama Ganesha Operation, Bob Foster di sela-sela kegiatan
penganugerahan pemenang Top Brand Kids & Teens mengatakan, “Kami memberikan
arahan pada siswa di luar materi belajar, memberikan seminar motivasi dan kami
mengundang orang tua mereka agar mendukung supaya anak mereka berhasil. Kami
juga menampilkan testimoni keberhasilan dari para siswa-siswi senior yang
mengikuti bimbel kami.”
“Hubungan yang dekat tersebut membuat orang tua berpikir jika anaknya ingin
sukses maka masuk ke Ganesha Operation,” imbuhnya.
Dari segi strategi pemasaran, selain bekerja sama dengan sekolah dan
menyebarkan media promosi flyer, bimbel yang telah berdiri sejak
tahun 1984 ini juga menggiatkan media digital. Melalui situs web-nya, Ganesha
menyediakan berbagai informasi termasuk online try-out.
Setiap ladang bisnis pasti memiliki tantangan. Begitu pula dengan bisnis
yang dijalankan oleh Ganesha Operation. Bob mengatakan bahwa tantangan pertama
adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah, misalnya untuk kurikulum dan
cara masuk perguruan tinggi. Namun, ia mengatakan bahwa tantangan tersebut
menjadi sebuah peluang karena ketika siswa mencari solusi atas peraturan
tersebut, maka Ganesha tampil.
Permasalahan yang kedua menurutnya adalah biaya tempat yang terus naik.
“Membuka bimbingan belajar butuh tempat strategis dan itu biayanya tinggi.
Sementara untuk pendidikan, kami juga tidak mungkin seperti bisnis lain yang
dengan mudah menaikkan harga,” ujar Bob. “Idealisme tetap kami pegang dengan
menyesuaikan daya beli masyarakat,” tambahnya.
Persaingan dan tantangan tidak menyurutkan semangat Ganesha untuk
mempersiapkan generasi yang mendatang. Sebagai market leader di
bidang bimbel, Ganesha Operation akan terus berupaya memberikan pelayanan
terbaik bagi siswa-siswi dan orang tua dan menjunjung tanggung jawab moralnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar